Sabtu, 13 Agustus 2016

10 Aplikasi Untuk Laptop/PC Yang Wajib Kamu Install

Aplikasi Untuk Laptop - 10 Aplikasi Untuk Laptop/PC Yang Wajib Kamu Install - Perangkat laptop digunakan untuk beragam keperluan, mulai dari untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah dan kampus, keperluan kerja hingga hiburan seperti menonton film atapun mendengar lagu. Untuk mendukung seluruh kebutuhan tersebut, dibutuhkan spesifikasi laptop yang mumpuni. Misalnya untuk bermain game, dibutuhkan laptop dengan RAM tertentu serta ukuran layar tertentu. Sementara agar kegiatan desain grafis dapat berjalan lancar dan memuaskan, beberapa model laptop tertentu dipercaya lebih baik dibandingkan model laptop lainnya. Aplikasi untuk laptop yang ada di dalamnya juga dapat mendukung kebutuhan sehari-hari. Beberapa aplikasi ini bahkan dirasa harus ada sebagai salah satu kelengkapan laptop adar dapat berfungsi sebagaimana seharusnya.

Beberapa aplikasi untuk laptop juga dapat melindungi laptop serta membuatnya dapat bekerja dengan lebih lancar. Aplikasi lainnya digunakan untuk mengolah data dan juga mengekstrak file. Keberadaan aplikasi ini akan menunjang spesifikasi dari laptop tersebut agar lebih berguna dan dapat dipakai untuk menunjang kebutuhan penggunaan sehari-hari. Sebagian besar dari aplikasi ini harus kita download dan install sendiri di laptop. Umumnya aplikasi juga harus diupdate atau diperbarui ke versi terbarunya agar performa aplikasi lebih mantap dan kita mendapat beberapa fitur baru untuk memudahkan pemakaian. Berikut adalah sepuluh aplikasi pada laptop yang penting untuk diketahui.

10 Aplikasi Untuk Laptop/PC Yang Wajib Kamu Install


1. Driver

Aplikasi untuk laptop yang pertama adalah Driver. Driver terutama diperlukan agar perangkat keras dalam laptop bisa berjalan secara maksimal. Driver juga umumnya harus diinstall ulang tiap kali kita menginstall ulang laptop yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Pada beberapa kasus, saat membeli laptop baru kita tidak akan mendapat CD driver. Pengguna laptop bisa mencari driver ini secara manual. Pencarian driver dapat dilakukan di website official produsen perangkat keras ataupun menggunakan perangkat lunak khusus pencari driver.

2. Web Browser

Aplikasi kedua adalah web browser. Web browser pasti sudah tidak asing lagi karena aplikasi yang satu ini digunakan untuk membuka halaman internet, Salah satu web browser yang dipercaya sebagai yang terbaik adalah Chrome. Aplikasi untuk laptop yang satu ini diciptakan Google serta sangat mendukung berbagai platform, mulai dari Windows, Android, Mac hingga Windows Phone. Seperti Mozilla, Chrome juga kaya akan adanya extention, plug in serta add on yang menambah fungsi serta kegunaan dari aplikasi tersebut.

3. Internet Download Manager

Aplikasi laptop selanjutnya yang tak kalah penting adalah Internet Download Manager atau yang kerap disingkat menjadi IDM. Sesuai namanya, IDM digunakan untuk mendownload file secara cepat. Aplikasi ini juga terbilang populer karena dapat memaksimalkan kecepatan untuk download file. IDM bukanlah aplikasi gratis, namun kini telah banyak beradar crack IDM yang bisa dimanfaatkan untuk menggunakan aplikasi ini tanpa harus membayar.

4. WinRar

Aplikasi untuk laptop berikutnya ialah Winrar. Aplikasi satu ini terbilang sangat populer bagi para pengguna PC dari berbagai sistem operasi, mulai dari Windows XP, Windows 8 hingga Windows 10. Aplikasi ini biasanya sudah akan terinstall secara otomatis saat kita melakukan servis laptop. Kegunaan utama dari Winrar adalah melakukan ekstraksi untuk file yang memiliki ekstensi .zip, .rar serta .tar. Kelebihan lain dari Winrar adalah mudah untuk digunakan, lebih cepat serta fleksibel.

5. Antivirus

Aplikasi selanjutnya ialah antivirus. Aplikasi ini dapat melindungi laptop dari efek berbagai virus yang sangat mungkin merugikan. Fungsi utama dari antivirus ialah mendeteksi, mencegah dan juta menghapus sebuah program virus yang terdapat dalam laptop. Antivirus sangat diperlukan dan harus ada dalam sebuah laptop serta komputer karena peran pentingnya dalam melindungi laptop. Terutama sekali karena virus dapat menyerang file penting dalam laptop dan menyebabkan beragam kerusakan. Jangan lupa untuk melakukan update antivirus secara berkala agar kita mendapatkan proteksi maksimal untuk laptop.

6. Microsoft Office

Aplikasi untuk laptop selanjutnya ialah Microsoft Office. Kita pasti sudah banyak mengenal dan sering menggunakan aplikasi yang satu ini. Microsoft Office digunakan untuk mengolah data, mulai dari mengolah kata seperti Microsoft Word, mengolah angka seperti Microsoft Excel hingga membuat presentasi seperti Microsoft PowerPoint. Microsoft Office terutama sangat berguna untuk kegiatan belajar mengajar hingga keperluan bekerja. Microsoft Word juga secara berkala mengalami pembaruan dengan tampilan yang semakin modern.

7. VLC Media Player

Aplikasi selanjutnya yang penting untuk kita ketahui adalah VLC Media Player. Aplikasi untuk laptop yang satu ini berupa multimedia player yang bersifat open source serta gratis dan terbilang sukses dengan lebih dari lima ratus jtua unduhan. VLC Media Player terkenal karena ringan, mudah digunakan, cepat serta dapat memutar nyaris semua format. Fitur lain dalam VLC Media Player yang sangat memudahkan pengguna adalah dapat mempreview file yang tengah diunduh.

8. CC Cleaner

Aplikasi lainnya adalah CC Cleaner atau biasa disingkat menjadi CCleaner, Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan sebagai pembersih. Fungsi utamanya adalah menghapus file yang telah tidak terpakai lagi. Dengan menggunakan CCleaner, Windows akan dapat berjalan dengan lebih cepat serta ruang hard disk kembali menjadi bebas. Keuntungan lain dari aplikasi untuk laptop ini adalah kerjanya sangat cepat dan juga efisien.

Baca Juga : Penyebab Utama Laptop Cepat Panas

9. Adobe Photoshop

Aplikasi berikutnya adalah Adobe Photoshop, Kita pasti sudah pernah mendengar namanya, karena aplikasi ini memang sangat populer sebagai editor gambar. Adobe Photoshop memungkinkan kita untuk melakukan editing gambar, termasuk memotong, mengetik, menghapus, menambahkan hingga melakukan manipulasi bentuk. Kegunaan lain dari Adobe Photoshop adalah mengedit video serta menciptakan objek pada bidang pencetakan tiga dimensi, Program Adobe Photoshop umum digunakan di dunia periklanan, publikasi hingga pembuat film dan profesional lain. Tampilan antarmukanya yang sederhana juga membuatnya mudah untuk digunakan.

10. VPN

Aplikasi untuk laptop yang terakhir adalah VPN. Aplikasi ini umum juga disebut sebagai CyberGhost VPN. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk berselancar di dunia maya secara aman, bebas dan anonim. VPN dapat melindungi kita dari penyadapan data yang dilakukan oleh pengiklan serta pemilik situs. Jika menggunakan VPN, secara otomatis alamat IP akan berubah dan koneksi internet yang digunakan akan dienkripsi hanya menggunakan satu kali klik saja. Dengan fitur ini, kita juga dapat membuka sebuah situs yang diblokir di wilayah tertentu.

Baca Juga : Akibat dan Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Laptop

Banyaknya manfaat dari aplikasi untuk laptop terbaru ini membuat kita sebaiknya memilikinya di laptop masing-masing. Mulai dari kebutuhan sehari-hari untuk hiburan hingga belajar dan bekerja dapat dilakukan dengan lebih mudah berkat aplikasi-aplikasi tersebut. Kita bisa mendapatkannya dengan install berbayar dan melakukan download secara online. Jangan lupa untuk mengupdate atau memperbarui aplikasi tiap beberapa waktu sekali agar kita mendapatkn fitur baru yang lebih canggih serta tampilan baru yang lebih user friendly serta menarik. Demikian informasi seputar beberapa aplikasi pada laptop yang bisa kita gunakan untuk mempermudah dan menunjang kinerja laptop sehari-hari. Semoga uraian di atas bermanfaat dan kita bisa mendownload aplikasi-aplikasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar